nusakini.com- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK)  akan memberikan kuliah umum kepada 1.922 orang calon pamong praja muda lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Senin (18/7). 

Di IPDN, JK akan memberikan motivasi, pengetahuan dan gambaran sebagai Aparatur Pemerintahan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Pusat dan Daerah. Sehingga, calon pamong praja muda dapat mengubah paradigma birokrasi, dari yang semula dilayani menjadi melayani, perubahan pendekatan kekuasaan ke partisipasi publik, dan dari pendekatan rule based bureaucracy ke performance based bureaucracy, dan dapat berlanjut menjadi dynamic governance. 

Menurut Juru Bicara Wapres RI, Husain Abdullah, diharapkan mereka nantinya mampu berperan sebagai pelopor dalam menegakkan nilai-nilai integritas, profesionalisme, good governance, clean government, dan sebagai perekat nasional. 

Usai menyampaikan kuliah umum, Wapres yang didampingi Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi akan langsung kembali ke Istana Wakil Presiden di Jakarta, guna memberikan pengarahan pada Forum Nasional Kekayaan Intelektual.(r/ab)